Awal Perjumpaan dengan Shandong University

Agustus 06, 2018




Belum pernah terbersit di benak saya, bahwa akhirnya saya akan berkelana ke negeri orang.
Belum pernah juga terpikirkan bahwa saya akan tinggal di sebuah negara dengan populasi manusia terbanyak kedua di dunia
Belum pernah terbersit di benak saya bahwa saya akhirnya bisa menyentuh butiran salju untuk pertama kalinya dan mencium harumnya aroma musim semi.
Belum pernah pula terpikirkan bahwa saya akan belajar Bahasa baru
Belum pernah terbersit di benak saya bahwa saya akan menghabiskan tahun pertama saya di sebuah kota bernama Jinan
Belum pernah pula terpikirkan oleh saya bahwa saya bertemu denganmu di kampus itu

06 September 2017 tepatnya, itulah pertama kalinya saya dan dua orang teman saya berangkat dari Jakarta menuju China. Pesawat kami tidak mendarat di Ibukota melainkan mendarat di sebuah kota bernama Jinan tepatnya di provinsi Shandong, China. Kami harus pergi ke Jinan karena pihak pemberi besiswa mengharuskan kami untuk mengikuti program pembekalan Bahasa mandarin selama satu tahun di Shandong University (SDU).

Saya masih ingat, pertama kalinya sampai di Jinan kami bertiga langsung dijemput oleh dua orang teman kami yang sudah lebih dahulu sampai di Jinan. Saat itu masih belum percaya rasanya bahwa saya akhirnya bisa menjejakkan kaki di negeri tirai bambu, begitu senang namun juga begitu gugup. Begitu asing namun juga begitu menggugah untuk dieksplorasi.




Dari bandara  internasional jinan kami langsung melaju dengan taxi menuju Central Campus Shandong University. kami sampai di kampus kira-kira pukul 10 malam lalu turun di depan gedung asrama internasional nomor 2. Gedung asrama internasional no.2 ini sebetulnya hanya dikhususkan bagi siswa jenjang S2, S3, dan siswa dari program beasiswa confusius, sedangkan untuk mahasiswa dari program beasiswa pemerintah China (CGS) biasanya akan ditempatkan di gedung 3 yang letaknya bersebelahan dengan gedung 2. Namun Selama beberapa hari kami harus tinggal sementara di gedung 2 tepatnya di kamar salah satu senior kami karena gedung asrama internasional no. 3 belum dibuka untuk pendataan siswa baru. Setelah registrasi selesai barulah kami akhirnya menempati kamar baru kami di gedung asrama 3.

Asrama Siswa Internasional no. 2

Awal September saat itu masih masuk musim peralihan dari musim panas menuju musim gugur. Suhu udara masih sekitar 30⁰C serasa di jakarta. Dedaunan masih menghijau dan belum mulai menguning. Suasana sekitaran kampus sudah ramai karena mahasiswa mulai berdatangan untuk bersiap-siap menghadapi tahun ajaran baru. Nah yang namanya mahasiswa baru pasti gak luput dari yang namanya proses registrasi dong. Untuk registrasi mahasiswa asing di SDU akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama kalian akan registrasi tahap awal yang bertempat di gedung asrama internasional gedung 2. Gak perlu khawatir bingung atau gimana, karena di sini ada banyak volunteer yang bisa berbahasa inggris dan dengan senang hati akan bantu kamu. Volunteer-volunteer ini kebanyakan datang dari kalangan mahasiswa asing maupun mahasiswa China. Mereka ramah-ramah dan siap bantu kamu urus setiap tahap registrasi,

Di tahap awal registrasi ini kamu akan dibantu mendaftarkan nama kamu untuk mendapatkan kamar di asrama, mendaftar untuk membuat kartu sim handphone, mendaftar untuk dapat kartu kampus yang bisa kamu pakai untuk makan di kantin, akses sekuriti asrama, dan juga untuk belanja di student market. Dan yang gak kalah penting lagi, di tahap awal registrasi ini Kamu juga akan dibantu untuk membuat akun bank. Oh iya yang menariknya lagi, mereka akan buatkan kamu nama China loh saat registrasi hahaha. Jadi nanti kamu punya nama baru deh, lucu yaa >o<

Setelah regestrasi mahasiswa tahap awal selesai, kami masih harus lanjut registrasi lagi di College of International Education (CIE). CIE adalah fakultas di mana kami akan belajar Bahasa selama satu tahun. gedung kuliahnya ada di Blok C berada di antara gedung asrama internasional nomor 2 dan Shandong University Hotel. Di depan gedungnya ada sebuah taman kecil begaya China, dengan kolam ikan dan jembatan kecil yang melengkung di atasnya. Ada banyak pohon willow dan magnolia di sekitarannya.

Gedung Kuliah College of International Education (CIE)
ada taman kecil bergaya khas tiongkok di depan gedung sekolah

Registrasi tahap dua yang dilakukan di CIE nantinya untuk mengetahui penempatan kelas dan jadwal kelas kita. Setelah itu kita juga akan mendapatkan kartu mahasiswa dari CIE. Bagi siswa yang sebelumnya sudah pernah belajar Bahasa mandarin di negara asalnya, harus mengikuti tes tersendiri. Hanya semacam tes kecil untuk menentukan level dan menempatan kelas kalian saja.

beginilah salah satu sudut lantai 1  di gedung kuliah CIE

saat registrasi mahasiswa baru akan ada banyak sekali bendera-bendera dari seluruh negara yang dijadikan dekorasi untuk menyambut mahasiwa mahasiswi tahun ajaran baru 

Setelah saya dan teman-teman selesai melakukan semua tahap registrasi, kami masih punya waktu kosong sekitar 10 hari untuk explore SDU dan sekitarannya. Mau tahu kayak gimana sih kampus pusat SDU? Yuk kita lanjut ke postingan berikutnya aja yaa.. klik link berikut ini
Putar-putar Shandong University (Central Campus) Ji'nan

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts