Berburu Alat Lukis Ke Toko Prapatan

September 07, 2016



Halo, Cat-person! Lama tak jumpa. Apa kabar? Semoga kawan-kawan bahagia selalu ya. Sudah sekian bulan tidak posting di blog karena sibuk ngantor hehehe dan akhirnya kangen juga untuk posting lagi di sini. Kali ini saya mau berbagi pengalaman dan review mengenai Toko Prapatan. Sebagian dari teman-teman mungkin sudah tahu tentang toko yang satu ini, sebagian lagi mungkin masih bingung dengan yang namanya 'Toko Prapatan'. Sebenarnya toko apakah ini?


Okay, untuk singkatnya Toko Prapatan adalah sebuah toko yang khusus menjual peralatan kantor seperti alat tulis, berbagai macam kertas dan sebagainya. Toko ini juga menyediakan berbagai peralatan seni yang lengkap sekali mulai dari cat air, cat minyak, akrilik, crayon, kuas, kanvas, drawing pen, dan masih banyak lainnya. Awalnya saya tahu toko ini pada saat saya browsing di serach engine untuk cari tahu toko art supply yang lengkap di Jakarta dan akhirnya ketemulah nama toko ini di search result. Akhirnya tanggal 27 Agustus kemarin saya sempatkan untuk mampir ke Toko Prapatan.

Toko Prapatan punya dua cabang yaitu di Jatinegara dan Fatmawati. Saya memilih untuk datang ke cabang Jatinegara karena lebih dekat dari rumah saya. Alamatnya ada di Jl. Raya Jatinegara Timur No. 21 B-C, Jakarta timur. Kalau kalian datang dari arah Matraman, kalian tinggal lurus saja ke arah Pasar Jatinegara. Terdapat 2 Toko Prapatan di Jatinegara, Toko pertama letaknya dekat sekali dengan halter Trans Jakarta Pasar Jatinegara hanya beberapa langkah saja. Toko pertama khusus melayani jasa printing dan menjual berbagai Alat Tulis Kantor (ATK). Toko kedua letaknya beberapa puluh meter dari toko pertama, agak jauh sedikit dari halte Trans Jakarta Pasar Jatinegara. Plang tokonya adalah plang digital dari layar LED berjalan yang bertuliskan 'Prapatan'. Layarnya besar dan langsung kelihatan kok. Dari luar tampilan toko kedua ini lebih modern dan lebih luas dibandingkan toko yang pertama.

Yang naik transjakarta bisa turun di halte ini dan tinggal jalan kaki sebentar
Perhatikan plang toko prapatan di seberang jembatan penyebrangan halte bus way ini, itu adalah toko pertama. awas jangan sampai salah ya.

Nah, Toko kedua inilah yang menjual berbagai macam peralatan seni. 

Ini toko kedua yang menjual peralatan seni. perhatikan plang-nya dari layar LED dengan tulisan prapatan warna merah
 
Ini penampakan tokonya kalau dari depan gerbang masuk. ada parkiran motor dan mobilnya :)
Di dekat parkiran kalian akan lihat tulisan ini

Awas jangan sampai salah toko ya, karena kemarin saya sempat nyasar sekali hahaha. Setelah saya menemukan toko yang kedua, saya langsung cepat-cepat masuk karena tidak sabar lagi. Sejuknya AC menyambut saya saat pintu Toko dibuka. Masuk ke dalam, saya disambut deretan rak-rak penyimpanan alat tulis kantor yang banyaknya minta ampun. 

Suasana di lantai satu
Mata saya langsung celingukan mencari-cari perlatan seni di antara rak-rak itu. Tapi saya tidak menemukannya. Lantas saya langsung tanya salah satu staff toko dan ternyata kalau alat-alat lukis itu adanya di lantai dua. Saya pun langsung naik tangga yang letaknya di ujung ruangan. Begitu sampai saya girangnya bukan main. Serasa masuk surganya alat-alat seni


Suasana di lantai 2
 
Satu ruangan isinya betul-betul peralatan seni yang jumlah dan ragamnya sangat banyak. Mulut rasanya udah mangap mulu pas masuk ke sana hahaha. Saya sampe bingung mau nyari dari mana dulu. Akhirnya saya mulai dari bagian ruangan paling pojok sebelah kanan tangga, di situ saya menemukan kuas-kuas berbagai ukuran dan merk. Hari itu saya memang niat untuk beli kuas baru yang ukurannya kecil, karena saya sering membuat lukisan cat air dengan detail yang keci-kecil jadilah saya butuh. Senang banget bisa nemu kuas dengan merk sama tapi harganya lebih murah dibanding di toko buku. 

Berbagai macam kuas dengan merk dan ukuran yang beragam

Deretan cat minyak dan akrilik satuan dengan berbagai warna

Pas di depan hanging rack tempat kuas-kuas, ada rak khusus dan lemari display yang majang cat-cat akrilik dan cat minyak warna-warni. Kemudian saya jalan lagi ke sisi ruangan lain untuk cari watercolour paper. Karena bingung dan gak ketemu akhirnya saya tanya staff di situ. Langsung dilayani dengan cepat dan ramah. Kalau mau cari skethbook atau watercolour paper, letaknya ada di rak yang di tengah-tengah ruangan dekat dengan meja kasir.

Kalau kalian yang gemar bikin Manga atau komik, kalian juga bisa nemu peralatan untuk gambar komik dan Manga di sini. Toko prapatan ternayata menjual berbagai macam gagang pena dan mata pena untuk komik artist, tinta komik, manequine untuk body gesture, menequine tangan, copic, drawing pen, dan masih banyak lagi. Dijamin kalian mupeng dan pengen beli semua hahaha. Untuk kalian yang suka melukis dengan cat air, gouache, cat minyak atau akrilik, kalian bisa beli berbagai set cat ataupun beli cat satuan. Bahkan kalian bisa nemu Ecoline di sini. Asik banget gak tuh?

Berbagai macam gagang pena dan mata pena untuk komik maupun kaligrafi

Cat air satuan

Finecolor dan copic

Cat akrilik dalam kemasan tube maupun jar

Saya gak bisa buru-buru di toko itu, saya akhirnya memutuskan untuk liat-liat dan berlam-lama dulu di sana. Setelah puas liat-liat dan milih barang jadilah akhirnya saya pergi ke kasir dan bayar barang-barang belanjaan saya. Total belanjaan saya Rp. 147.000 untuk item-item berikut ini :

  1. Canson Watercolour Paper A2 200gsm (4 Sheets) = Rp. 37.000
  2. Sakura Gelly Roll Pen (White) = Rp. 12.000
  3. Sakura Pigma Micron (0.1) = Rp. 18.000
  4. Sakura Pigma Micron (0.5) = Rp. 18.000
  5. Kuas Lyra Flat (no. 16) = Rp. 20.500
  6. Kuas Lyra Round (no. 06) = Rp. 14.000
  7. Kuas Lyra Round (no. 00) = Rp. 7.500
  8. Kuas set Yipixuan round = Rp. 20.000


    Ini dia barang-barang yang saya beli
Semua barang yang saya beli oke, akan tetapi ada satu yang gak oke. Sakura pigma micron 0.1 yang saya beli, setelah sampai rumah saya buka segelnya dan saya cobain. Ternyata tidak nyata sodara-sodara. Entah karena tinta kering atau apa, saya tidak begitu paham. Saya agak kecewa dan tiba-tiba bad mood gegara itu. Sebetulnya kalau ada barang yang cacat bisa ditukar lagi ke toko dengan batas waktu 3 hari setelah tanggal faktur. Akan tetapi saya malas ke sana dan tidak saya tukar. Ini jadi pelajaran juga untuk saya supaya lain waktu berhati-hati memilih barang.

Kalau ditanya apakah saya akan datang lagi ke Toko Prapatan, saya jawab 'Ya, pastinya saya akan datang lagi'. Saya puas dengan pelayanannya. Harga barang-barangnya juga oke. Tapi mungkin saya harus lebih jeli lagi dalam memilih barang yang dibeli. Toko ini recommend banget untuk kamu yang lagi cari-cari alat-alat seni berkualitas baik dengan harga yang baik juga di kantong. Sekian dulu review kali ini, silahkan coba berkunjung ke Prapatan

You Might Also Like

4 komentar

Popular Posts