Teknik Melukis dengan Cat Air (Watercolour Technique) - Tutorial Bagian 2

September 10, 2016




Halo, Cat-person! Kita ketemu lagi di tutorial teknik melukis dengan cat air bagian 2. tutorial kali ini adalah tutorial lanjutan dari postingannya sebelumnya (Tutorial Bagian 1). Masih ada 3 teknik dasar lagi yang ingin saya bagi dengan kawan-kawan semua. Teknik-teknik yang akan kita pelajari kali ini enggak akan kalah kerennya dari teknik-teknik sebelumnya. Yuk, mari kita langsung simak :

6. Teknik Bleed.
Kalau menurut saya teknik yang satu ini keren dan ajaib banget. Ini dia langkah-langkahnya :

  1. Basahi kuas bersih dengan air

     
  2. Sapukan kuas yang sudah dibasahi di atas kertas. Sapukan agak banyak



  3. basahi lagi kuas lalu ambil cat air secukupnya dengan kuas.
  4. Mulailah membuat goresan dari area kertas yang kering hingga ke area kertas yang dibasahi.


  5. Saat warna mengenai bagian kertas yang basah, lihatlah keajaiban yang dibuatnya. Kalian tak perlu mengores terlalu banyak, cukup letakkan ujung kuas ke area kertas yang dibasahi. Perlahan warna akan menyebar dengan sendirinya.


  6. Ulangi beberapa kali



7. Teknik Layering
Teknik berikutnya adalah layering. Kalian dapat menggabungkan beberapa warna berbeda dan membuat efek lapisan transparan dengn teknik ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. lakukan langkah-langkah seperti teknik wet on wet. Basahi kuas bersih dengan air. Sapukan di atas kertas.



  2. Basahi lagi kuas dengan air dan ambil cat air secukupnya.

     
  3. Goreskan warna di atas bagian kertas yang dibasahi.


  4. Tunggu hingga betul-betul kering.
  5. Setelah betul-betul kering. Basahi lagi kuas kalian dengan air dan ambil cat air secukupnya. Kali ini saya gunakan warna yang berbeda yaitu biru tua. Agar lebih terlihat perbedaannya.


  6. Goreskan kuas di atas warna oranye yang sudah kita buat dengan teknik wet on wet tadi.



  7. Tunggu lagi hingga kering dan kalian bisa ulangi lagi langkah tadi hingga beberapa kali. Kalian bisa membuat layer sesuai seleran kalian.


Kunci terpenting dari teknik layering adalah menunggu hingga cat benar-benar kering sebelum kalian membuat layer (lapisan) berikutnya. Kalian harus sabar dalam mengerjakan teknik ini. Jika kalian tak betul-betul menunggu hingga cat air mengering, layer yang kalian buat malah bisa jadi amburadul hehehe. Kalau dilihat-lihat, kalian bisa menggabung beberapa teknik berbeda dalam teknik layering ini, seperti menggabung wet on wet dengan flat brush atau flat brush dengan flat brush, dsb. Seru banget!

8. Teknik Lift

Last but not least, kita masih punya teknik keren yang bisa kita pelajari yaitu Teknik Lift. Ini dia langkah-langkahnya :

  1. Basahi kuas dengan air lalu sapukan di atas kertas.


  2. Basahi lagi kuas dengan air lalu ambil cat secukupnya.

  3. Goreskan di atas bagian kertas yang telah dibasahi sebelumnya.



  4. Sediakan tissue, kapas, ataupun kain perca. 



     
  5. Ini adalah bagian terbaik dari teknik Lift. Saat cat masih basah atau lembab, tekan-tekan kain dengan lembut di atasnya.

  6. Lakukan di beberapa sisi berbeda. 


     
Sesuai dengan namanya, teknik lift memang bertujuan untuk mengangkat warna di bagian atas. Tekni Lift dapat membantu kalian yang ingin membuat efek awan. Keren banget, kan?

Supaya teman-teman bisa lihat dengan jelas perbedaan dan hasil akhir dari tiap teknik. Aku akan kasih foto kompilasi teknik yang udah kita pelajari dari mulai tutorial bagian 1 hingga bagian 2. Ini dia fotonya :



Akhirnya kita sampai di penghujung acara hehehe. Itulah tadi teknik-teknik dasar melukis dengan cat air yang umum dilakukan. Bagaimana? Apa ada kesulitan? Semoga tidak ada ya dan semoga juga tutorialnya jelas. Teknik-teknik barusan bukan merupakan teknik yang melulu harus dilakukan, kalau teman-teman punya teknik lain, teman-teman bisa bebas menggunakannya. Jangan lupa di share di comment untuk kritik dan sarannya ya. Terima kasih banyak sudah mampir dan membaca. Selamat mencoba :)).

You Might Also Like

6 komentar

  1. Yeay bisa sekalian belajar.. Makasih tutorialnya kak :) kapan2 kalau kakak bikin karya pake cat air, dibikin tutorialnya boleh kali ya hehe aku awam banget masalah lukis melukis :( seneng liatin punya orang aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa terima kasih sudah mampir. Semoga bermanfaat ya. Maaf kalau msh banyak kekurangan. Waa ide bagus itu, nnti next tutorial bisa dibuat.

      Hapus
  2. Selalu gampang dimengerti walau buat org yg awam kaya saya.

    Terimakasiiih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. termakasih sudah berkunjung, Nabela. semoga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  3. Terimakasih, sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. Terima kasih banget, ilmunya sangat bermanfaat dan membantu tugas saya hehe, sukses terus

    BalasHapus

Popular Posts