Ngobrolin Jerawat

Maret 19, 2019


Jerawat! 

Kalo udah dengar kata yang satu ini pasti langsung kepikiran benjolan kecil yang suka tumbuh di wajah yang nyebelinnya minta ampun. Bagi sebagian orang mungkin jerawat hanya pada waktu tertentu saja datang berkunjung terus pergi, tapi bagi sebagian lainnya, jerawat mungkin udah kayak teman setia, nempel mulu di wajah untuk waktu yang lama. Bagi saya jerawat tuh udah kayak teman setia. Bertahun tahun sudah dia senang banget bertengger di wajah saja, dari SMP bro.  udah hafal banget deh tuh dari yang bentuknya kecil-kecil banget, yang gede-gede, ampe yang gak beraturan pun saya kenal hahaha.  

Jerawat tuh gak cuma bikin orang geretan ya, tapi juga bikin orang bisa sampe stress dan tertekan, gak percaya diri, atau putus asa. saya dulu saking udah sebelnya sama jerawat, saya sampe gak mau loh liat muka sendiri di cermin (*serius), pernah juga gak suka difoto karena saya merasa wajah saya jelek, sampai pernah nangis sendiri karena jerawat yang semakin parah dan tak kunjung sembuh. Ada yang pernah ngalamin hal yang sama gak? Kalo iya, kita sama dong dan saya ngerti perasaan kamu (*berpelukan). 

Awalnya punya Jerawat.


Awalnya punya jerawat dari pas jaman masih SMP, baru-baru dapat menstruasi. Awalnya Cuma satu dua, kemudian sanya hanya mengganggap itu sesuatu yang normal. saya mulai mencoba menggunakan sabun khusus untuk cuci muka untuk membuat jerawat hilang. Akan tetapi saya kurang beruntung, sabun cuci muka yang saya gunakan ternyata gak cocok dengan kulit saya, jerawat bukannya hilang tapi malah makin banyak. Gonta-ganti berbagai merk pun gak ada yang bisa cocok. Sampe akhirnya saya pun menyerah dan mencoba untuk hidup bersama saja dengan jerawat-jerawat itu. 

Pas masuk SMA, saya pun masih sering ditemani oleh si jerawat-jerawat ini ya. Makin lama makin menyedihkan karena jerawat-jerawat itu makin banyak, banyak banget. Gua masih mencoba berbagai cara untuk membuat jerawat-jerawat gua itu hilang, gua mencoba berbagai produk. Berkali-kali gua break out, berkali kali pula gua stress. Sampe nyokap gua pernah menyarankan untuk pergi ke dokter kecantikan, tapi gua pun menolak. Gua gak mau ke dokter kecantikan karena gua secara pribadi kurang sreg. Entah kenapa gua merasa gua merasa parno ya begitu denger nyokap gua bilang suruh pergi ke dokter kecantikan. 

Pernah gua suatu ketika di angkutan umum, pas balik dari sekolah ada ibu-ibu yang ngeliatin muka gua mulu. terus tiba-tiba dia bilang ke gua “dek, coba deh pake ini ini, blab la bla, dulu ponakan saya pake bla bla bla hilang loh jerawat. Itu jerawat kamu banyak juga bisa hilang kok.” Lalu setelah mendengar perkataan ibu itu, entah kenapa gua keselnya bukan main rasanya pengen banget gua teriak di depan mukanya “bu, ibu bisa gak engga usah ngurusin idup orang lain?! Gua gak butuh saran-saran lo ataupun komentar lu  tentang jerawat gua. Situ dokter kecantikan kah?” (*kasar njir). Tapi serius ini yang gua rasain sob. Hayo pada ngaku deh lo pada juga pasti juga pernah punya pengalaman macam gini kan terus ujung-ujungnya lo Cuma senyam-senyum asem doing wkwkwkwk.

Terus Gimana, dong? 

 

1.  Pertama-tama kalo lo mau ngatasin jerawat lo, lo pastinya kudu tau dulu penyebab jerawat lo itu apa. Menurut gua pribadi nyari penyebab jerawat itu adalah hal yang paling sulit sob. Gua setelah melewati bayak trial and error bertahun-tahun lamanya akhirnya baru bisa tau penyebab jerawat gua.

Penyebab jerawat sendiri kan ada banyak ya. Bisa jadi dari makanan, hormon, genetik, tingkat stress, gaya hidup, kebersihan, dan masih banyak lagi lah ya. Nah, kalo pengalaman gua pribadi, penyebab jerawat gua yang paling pertama adalah dari faktor genetik, yang kedua adalah dari faktor hormonal, dan yang ketiga adalah  makanan. 

Gua dapet jerawat karena dulu nyokap gua juga sempet jerawatan. Inilah faktor genetik itu. abang gua juga mengalami hal sama dulu. Apalagi ditambah dulu waktu kite SMP SMA kan masih jaman puber ya ciin.. makin menjadi dah jerawat itu gegara hormon dan sebagainya.

Gua baru tau faktor makanan itu setelah gua udah jadi  mahasiswa. Jaman ngekos dulu suka makan sesuka hati. Tiap hari makan goring-gorengan atau makan micin banyak-banyak juga bodo amat, ya akhirnya jerawat kaga ilang-ilang dah malah makin menjadi, udah gitu menjelang skripsi tiap  hari minum kopi ampe tiga gelas, begadang ampe subuh, jarang olah raga, stress dikejar-kejar deadline revisi pulak, ya sudahlah mantap itu jerawat-jerawat beranak pinak dah hahaha.

2.  Lo juga harus tau dulu tipe kulit lo itu apa. Apakah tipe kulit kering, tipe kulit berminyak, tipe kombinasi, kulit  normal, atau kulit sensitif. Karena poin ini akan mempengaruhi lo dalam memilih jenis skincare yang akan lo gunakan nanti. Jangan sampe salah pake produk, skin care yang sifatnya lembab abis malah lu templokin ke muka lu yang berminyak parah,  entar bukannya berhasil malah tambah ancur sob wkwk, yang ada lu break out semua.

3.  Nah berikutnya yang harus lo lakuin adalah lakukan perawatan kulit. Perawatan kulit di sini maksudnya ya kayak cuci muka dua kali sehari, pakai pelembab, menggunakan tabir surya, dan masih banyak lagi. Mau pake perawatan kulit ampe 10 layer macam orang korea juga bisa, asal cocok di kulit kamu no problem lah.

4. Minum air putih yang banyaaaak (ini bukan hoax ya). terdengar basi sih, tapi serius ini ngebantu banget. Jangan kebanyakan  ngemilin micin di rumah ya sob, kasian nyokap lo pada ntar kebingungan micin pada abis semua wkwk. banyakin makan buah dan sayur. Jangan banyakan makan gorengan dan pedas-pedas.   beberapa orang sensi bgt sama dairy product, contohnya gua. makan dikit lgsg jerawatan. bisa lah dikurang-kurangin juga.

5. olah raga  dan tidur cukup. tidur gak cukup bisa bikin produksi minyak lo jadi lebih banyak, ini yang bisa bikin tambah jerawatan.

6.  udah lah ya tips-tips basinya kalian juga udah pada tau semua kan ya wkwk

Anyway yang penting jangan pernah putus asa dalam menghadapi jerawat-jerawat itu. sedih boleh tapi jangan terus-terusan, karena jerawat bukan buat disedih-sedihin tapi kudu disingkirin hehe. Jangan minder, jangan sampe jerawat bikin lo malu untuk bergaul, ataupun berani tampil di depan umum. Jangan Cuma sibuk mikirin problem jerawat lo sampe pusing, sibukkan dri lo dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat buat diri lo sendiri atau orang lain. Dengan begitu lo gak bakal stress sendiri. Jadilah berprestasi dan dicintai orang banyak. Orang-orang gak akan hanya melihat kekurangan diri lo kalo lo sendiri sudah mencintai dan menghargai diri sendiri.  

Gagal itu biasa, yang penting jangan putus asa. yakin aja suatu saat lo akan berhasil, jerawat juga akan selamanya bertengger di wajah lo kok. Effort yang lo lakuin secara berkala pasti bakal ada hasilnya. Gua sendiri juga sudah gagal berkali-kali dan sukses pula berkali-kali. Dulu gua udah banyak pake produk skin care dari yang abal-abal kagak jelas ampe yang high end yang harganya najis kek ketek kampret juga udah gua cobain sob. Dari emak gua yang ngasih duit beli skin care ampe gua sendiri yang ngeluarin duit buat beli skin care ampe bokek dan ujung-ujungnya pun gagal maning pulak, semua udah pernah gua alamin bro sis. Dan pada akhirnya Alhamdulillah gua pun menuai effort itu. Jadi lo pade jangan sekali-kali nyerah ya 

Punya jerawat gak selamanya buruk. Setelah mengalami problem jerawat yang udah menahun ini, gua jadi belajar untuk hidup lebih sehat. Gua jadi tau apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit gua. Secara mental gua juga jadi orang yang tahan banting dan gak mudah menyerah.  Gua juga jadi tau gimana menjaga perasaan orang lain yang pernah punya pengalaman sama kayak gua, dan gua juga lebih bisa menghargai orang bukan hanya dari fisiknya saja. Yang paling penting gua jadi bisa bersyukur atas karunia Tuhan dan tak lupa banyak-banyak berdoa.  Karena kesembuhan atas problematika jerawat lo itu ujung-ujungnya Tuhan yang kasih. 

Sekian aja dulu. Thank you udah baca postingan gua kali ini. Semoga menginspirasi walaupun Cuma sesendok doang wkwk. Jangan lupa comment dan share pengalaman jerawat  kalian di kolom komentar. Keep Fighting, para pejuang jerawat. Sampai ketemu di obrolan berikutnya 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts